Sunday, January 10, 2016

Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android dan Fungsinya


Kali ini saya akan membuat artikel tentang berbagai jenis sensor di smartphone android dan juga fungsinya, simak artikel berikut ini:......


 Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android dan Fungsinya.
1. Accelerometer
Accelerometer dipakai untuk mendeteksi posisi dari handphone apakah dalam mode landscape atau portrait, manfaat utama adalah menu dan aplikasi di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone.  Manfaat lain biasanya dipakai untuk permainan game, misal game mobil dimana kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Manfaat lain dipakai untuk mengganti lagu atau mengambil screenshoot hanya dengan menggoyangkan smartphone.
2. Proximity sensor
Proxymity sensor adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik. ini sih definisi wikipedia, manfaat dari proximity sensor salah satunya adalah mematikan layar secara otomatis saat kita menelpon, ini bertujuan untuk menghemat baterai, iphone adalah Smartphone pertama yang memakai sensor ini.
3. Gyroscope
gyroscope sensor merupakan teknologi yang lebih maju dibandingkan accelerometer. Hampir sama dengan accelerometer, sensor untuk mendeteksi rotasi sebuah device. bedanya, pada accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sedangkan pada gyroscope tidak dipengaruhi oleh gravitasi.
4. Compass
Seperti namanya, kompas dipakai untuk menunjukan arrah, Android dan I-phone telah membenamkan sensor kompas kedalamnya sehingga anda tidak akan kehilangan arah, manfaat yang paling terasa dari compas digunakan untuk menentukan arah kiblat  dari posisi kita.
5. Magnetic field sensor (Magnetometer)
Sensor magnet untuk mendeteksi medan magnet di sekitar Smartpone, dengan keberadaan sensor ini, kita bisa mengubah smartpone menjadi metal detector dan penunjuk arah kutub yang bekerja sama dengan sensor compass.
6. Barometer
Seperti namanya, sensor ini digunakan untuk mengukur suhu/temperature disekitar kita.
7. Finger Print & Face Detector
Beberapa device android menambahkan sensor sidik jari dan pendeteksi wajah kedalam smartphone, sehingga tidak setiap orang bisa memakai handphone tersebut
8. Ambient Light sensor
Sensor ini digunakan untuk mendeteksi cahaya di sekitar  smartphone.  Sensor ini membantu untuk merubah Brightness/penerangan layar smartphone. Jadi misal lingkungan sekitar kita cahayanya terang maka sensor ini akan menyesuaikan penerangan pada layar.
9. Heart Rate Sensor
Heart Rate Sensor / Sensor penghitung detak jantung berfungsi untuk memeriksa detak jantung dan fisik pengguna. Dengan sensor ini, banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh pengguna berupa informasi tentang kesehatan diri.
10. Fingerprint sensor
Fingerprint sensor atau sensor sidik jari biasanya digunakan untuk mengamankan /  mengunci smartphone. Biasanya yang mempunyai sidik jari tersebutlah yang hanya dapat membuka smartphone yang terkunci dengan fingerprint.
Agar kamu mengetahui apakah smartphone android kamu mendukung beberapa sensor diatas, gunakan aplikasi 'android sensor box' yang ada di Play Store atau buka Link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=imoblife.androidsensorbox

No comments:

Post a Comment