Saturday, August 29, 2015

Info&Tips: 10 Fitur Tersembunyi Android 5.0 Lollipop




Bahkan setelah Android 6.0 Marshmallow telah resmi diperkenalkan oleh Google namun tidak semua fitur Android 5.0 Lollipop dibeberkan Google secara gamblang. Ternyata ada beberapa fitur unik yang tersembunyi di dalam sistem operasi terbaru itu. Apa saja?


Menurut blog resminya, Lollipop adalah update Android paling besar dan ambisius dari Google dengan lebih dari 5.000 API baru untuk para developer. Pembaruan ini membawa sejumlah 
fitur anyar di dalamnya.

Namun, ternyata tak semua fitur pada Android 5.0 Lollipop tersebut dipaparkan secara langsung oleh Google.  PhoneArena  mencatat setidaknya ada 10 fitur unik yang tersembunyi di dalam sistem operasi terbaru ini.

Ingin tahu apa saja? Simak langsung artikel berikut ini:


10 FITUR TERSEMBUNYI ANDROID 5.0 LOLLIPOP

1. Easter Egg Lollipop



Sudah menjadi kebiasan Google untuk menyisipkan 'Easter Egg' ke dalam sistem operasinya. Dimulai dari Gingerbread, setiap rilisan Android memiliki Easter Egg-nya masing-masing. Namun kali ini Google memberikan perhatian khusus dengan membundel sebuah game sebagai Easter Egg.

Bertemakan game populer Flappy Bird, game unik ini dapat Anda akses dengan membuka  Settings > About Phone  dan melakukan  tap  sebanyak empat kali pada versi Android. Setelah layar Lollipop muncul, tekan dan tahan pada gambar Lollipop beberapa saat untuk mengaktifkan game Flappy Android. 


2. Tap And Go

Jika perangkat  yang Anda miliki mendukung fitur ini, Anda dapat ‘membangunkan’  smartphone  hanya dengan melakukan  double tap  pada layar sebagai alternatif dari menekan tombol power.

3. Pencarian Di Setelan
Kini Anda dapat melakukan pencarian dalam menu Settings di Lollipop. Cukup tekan tombol kaca pembesar dan masukkan kata kunci dari pengaturan yang ingin Anda akses.

Dengan semakin banyaknya pengaturan di Android setiap ada rilisan baru, fitur ini lumayan memudahkan bukan?

4. Quick Access Togle
Google mendesain ulang notifikasi bar di Android 5.0 Lollipop, dan kini Anda jadi lebih mudah untuk Mengontrol notifikasi yang dipicu oleh aplikasi Anda; sembunyikan konten sensitif dan prioritaskan atau matikan seluruh notifikasi  app.

Peringkat notifikasi yang lebih cerdas berdasarkan siapa pengirimnya dan jenis komunikasi yang digunakan untuk mengirim pesan. Lihat semua notifikasi di satu tempat dan Anda dapat mengakses ke pengaturan yang paling sering digunakan hanya dengan dua  swipe  turun dari atas layar.


5.Mulpiple Akun

Seringkali teman atau keluarga meminjam ponsel Anda untuk mengirim email atau sekedar mengecek Facebook miliknya, dan seringkali Anda harus melakukan login kembali ketika mereka telah selesai.

Untungnya dengan fitur 'guest profile' ini, mereka dapat melakukan hal tersebut tanpa mengganggu konfigurasi login milik Anda sendiri. Pengaturannya dapat dilakukan di  Settings > Users.

6. Akses Cepat Periksa Quota

Di Android Lollipop kini Anda jadi bisa lebih mudah memantau pemakaian quota internet Anda, dengan hanya membuka bar notifikasi dan menahan layar jam.

7. Pinning Apps

Pin layar Anda sehingga pengguna lain hanya dapat mengakses konten itu tanpa merusak data-data Anda lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut masuk ke SettingsSecurityScreen pinningSejak  ituAnda dapat pin aplikasi terakhir di menu  recent apps Anda dengan mengklik tombol pin mint-hijau di kanan bawah  app.

8. Non-Interusive Calls

Dengan Lollipop, panggilan telepon masuk tidak akan mengganggu apabila Anda sedang menonton atau bermain.
Anda dapat memilih untuk menjawab panggilan atau abaikan dan tetap melakukan apa yang Anda lakukan.

9. Mengambil Gambar Dengan Mode RAW


Lollipop mengijinkan aplikasi kamera untuk mengakses RAW image dari foto yang diambil. Format yang didukung adalah YUV dan Bayer RAW.

10. Smart Lock

Google menambah satu lagi metode untuk membuka kunci  smartphone  Anda. Selain menggunakan  password, pattern  dan  face unlock, kini Anda dapat menambahkan perangkat Bluetooth ke dalam  Settings> Smart Lock  sebagai perangkat terpercaya, sehingga  smartphone  Anda akan membuka kuncinya begitu terkoneksi dengan perangkat tersebut.

Selain itu dengan menggunakan Android Smart Lock anda juga bisa mengamankan ponsel atau tablet Anda dengan menghubungkannya dengan perangkat lainnya seperti  smartwatch  atau bahkan mobil Anda.

No comments:

Post a Comment