Saturday, October 15, 2016

PERINTAH CMD YANG SERING DIGUNAKAN OLEH HACKER



Sebagai pengguna komputer, ada baiknya kamu mengenal lebih dekat CMD dan memahami cara kerja serta manfaatnya. Untuk membuka Command Prompt dengan cepat, gunakan kombinasi keyboard tombol Windows+R secara bersamaan. Maka, akan terbukakotak dialog Run. Selanjutnya, ketik CMD dan tekan enter maka CMD akan terbuka. Dilansir dari TechWorm, berikut perintah Command Prompt yang sering digunakan hacker dalam aksinya.



Berikut perintah-perintah yang cmd yang sering digunakan Hacker:


1. Ping

Perintah Ping sering dipakai dalam menganalisis permasalahan di jaringan. Kegunaan utama dari Pingadalah mengecek apakah ip/domain tertentu dalam kondisi hidup atau mati. Ping sendiri mempunyai banyak parameter dan manfaat yang sering digunakan oleh hacker. Secara default, Ping di Windows akan mengirim 4 paket, misalnya, ping x.x.x.x (x adalah alamat IP). Kamu dapat mencoba ping 8.8.8.8 milik Google atau ping www.google.com jika kamu tidak tahu IP Google.

2. Nslookup

,

Perintah nslookup memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah digunakan untuk mengetahui ip dari sebuah domain. Selain itu, nslookup sering dipakai untuk mendiagnosa permasalahan jaringan yang berhubungan dengan DNS.

Katakanlah kamu tahu URL website tetapi kamu tidak tahu alamat IP-nya, kamu bisa mengetahuinya dengan perintah nslookup di CMD. Misalnya, dengan mengetikkan nslookup
www.google.com (www.google.com adalah contoh situs yang ingin kamu ketahui IP-nya).

3. Tracert


Perintah tracert alias traceroute digunakan untuk melacak jalur yang dilalui paket data menuju ip/host tertentu di Internet. Perintah ini ada di berbagai perangkat jaringan baik router, wireless AP, Modem,Windows, Linux, dan server.

Walaupun tool ini ada di setiap perangkat jaringan, masing-masing nama dan parameter perintahnya sedikit berbeda. Contohnya, tracert x.x.x.x (x adalah alamat IP) atau tracert
www.google.com.

4. ARP


Perintah ARP atau Address Resolution Protocolmerupakan sebuah protokol yang bertanggung jawab mencari tahu Mac Address atau alamat hardware dari suatu host yang tergabung dalam sebuah jaringan LAN. Tentunya, dengan memanfaatkan atau berdasarkan IP Address terkonfigurasi pada host yang bersangkutan. Dalam OSI Layer, protokol ini bekerja antara Layer 2 dan Layer 3.

5. Route


Perintah route ini digunakan untuk membuat jalur baru (routing) pada komputer ke suatu jaringan, biasanya pada LAN atau WAN. Selain itu, kamu dapat mengetahui proses lalu lintas jaringan, informasi jalur host, gateway, dan network destination.

6. Ipconfig


Perintah ipconfig digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di network adapter. Sebenarnya fungsi ipconfig bukan hanya itu, masih ada beberapa fungsi lain yang sangat bermanfaat untuk mengatasi troubleshooting jaringan atau mengatur ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP.

7. Netstat

Perintah Netstat ini berfungsi untuk menampilkan statistik koneksi jaringan ke komputer yang sedang kamu pakai. Netstat bisa disamakan dengan task manager. Perbedaannya, task manager menampilkan proses dan aplikasi yang sedang berjalan, sedangkanNetstat menampilkan layanan jaringan yang sedang dipakai beserta informasi tambahan seperti ip danport-nya.

Bagaimana pendapat kalian gan? Meski tampilan CMD sangat sederhana, namun fungsinya sangat luar biasa bukan? Itu adalah beberapa perintah CMD yang sering digunakan Hacker, fungsi tersebut disalahgunakan hacker untuk mencapai tujuannya.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih ^_^....


7 comments:

  1. keren gan blog nya , main dong kemari https://cabase1177.wordpress.com/ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerenan punya ente gan, ane pemain baru di dunia blogging

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. sama sama pemain baru kita gan , saling support aja , jgn lupa main ke fanspage ane gan :D

      Delete
  2. makasih gan :) :D,hehehe oke gan siap :D

    ReplyDelete
  3. wih mantab mantab..ternyata. blom tau juga

    ReplyDelete