Friday, January 27, 2017

Cara Menonaktifkan Antivirus AVG di Windows (7, 8.1 & 10)

AVG, salah satu antivirus populer yang ada saat ini. Bukan hanya karena gratis (meski ada versi berbayarnya), namun karena software ini memang memiliki rekam jejak yang sangat panjang dalam melindungi perangkat komputer dari serangan program-program perangkat lunak jahat. Hanya saja, dalam beberapa kasus, ada kalanya AVG justru mempersulit pekerjaan kita di komputer.
Misalnya, saat kita ingin menginstal software tertentu, kadang software tersebut ditandai sebagai program jahat oleh AVG, sehingga kita tidak bisa menginstalnya. Kita juga kadang tidak bisa mengakses situs tertentu karena dianggap berbahaya oleh AVG, sehingga AVG memblokir situs tersebut. Padahal di situs itu ada file penting yang harus kita download segera.
Saat-saat seperti ini, tidak ada jalan lain yang bisa kita lakukan kecuali menonaktifkan antivirus AVG. Dari pada menghapusnya, kita bisa mematikan antivirus AVG untuk sementara waktu saat ingin menginstal software tertentu atau mengunjungi situs tertentu. Dengan begitu, tidak ada blokir dari AVG.

Cara Menonaktifkan AVG Sementara

Cara Menonaktifkan AVGDibawah ini akan ditunjukkan langkah demi langkah bagaimana cara mematikan antivirus AVG, yang dalam hal ini AVG yang digunakan adalah AVG 2016
Pertama, pada taskbar klik ikon AVG. Jika tidak terlihat bisa klik tanda panah ke atas. Disana kamu akan menemukannya. Jika sudah terlihat, klik kanan ikon AVG tersebut, jendela kecil akan terlihat seperti gambar dibawah. Ubah switch Protection Eabled Berwarna hijau ke merah untuk mematikannya,
Kedua, setelah jendela dialog muncul, pilih berapa lama Anda akan menonaktifkan AVG. Disini ada beberapa pilihan yang tersedia mulai dari 5 menit, 10 menit sampai 15 menit, atau bisa juga di atur sampai komputer di restart. Selain mematikan antivirus AVG, anda juga bisa menonaktifkan proteksi Firewall dengan mencentang Disable Firewall Protection. Jika sudah, klik tombol OK. Oh ya, pastikan anda menggunakan komputer anda sebagai Administrator Windows karena jika tidak, antivirus AVG tidak akan bisa dimatikan.
Cara Menonaktifkan AVG Sementara
Alternatifnya, kamu juga bisa menonaktifkan AVG dengan pergi ke AVG Zen > AVG protection (ubin pertama di sebelah kiri) > Options > Advanced settings… > Temporarily Disable AVG Protection. Klik tombol Temporarily Disable AVG Protection.
Cara Menonaktifkan AVG Sementara 3
Dengan mengklik tombol tersebut kotak dialog yang sama seperti langkah kedua diatas pun akan terbuka.
Ketiga, jika kamu masih kurang yakin kalau AVG telah dinonaktifkan, maka kamu bisa masuk ke AVG Zen, maka kamu akan melihat lingkaran merah dengan pesan ‘Not Protected’, seperti pada gambar di bawah.
Cara Menonaktifkan AVG Sementara 4
Keempat, Untuk mengaktifkan kembali proteksi AVG cukup klik tombol ‘Enable Now‘. Atau anda juga bisa lihat taskbar, klik kanan pada ikon AVG dan  switch tombol Protection Enabled sampai tombolnya berubah warna menjadi hijau.

Cara Mematikan AVG untuk Perlindungan Tertentu

Cara diatas adalah mematikan AVG sekaligus, jadi seluruh perlindungan akan dimatikan. Namun jika kamu ingin mematikan perlindungan tertentu saja, maka kamu bisa melakukan langkah dibawah.
Disini kita bisa mematikan seluruh perlindungan (perisai) sekaligus. Tapi AVG juga menawarkan opsi untuk menonaktifkan sementara beberapa perisai tertentu saja. Anda bisa menonaktifkan salah satu atau seluruh perlindungan berikut:
  • “Computer” Protection (AntiVirus): perlindungan real-time terhadap virus, spyware, trojan dan banyak jenis malware lainnya.
  • “Web” Browsing Protection (LinkScanner, Online Shield): Akan memindai link situs secara otomatis sebelum Anda mengunjungi situs tersebut dan file yang bisa di download di situs itu.
  • “Software” Protection (Software Analyzer): peringatan jika ada program perangkat lunak (software) yang bekerja dengan cara mencurigakan.
  • Proteksi “Email” (Email Scanner, Anti-Spam): Mendeteksi lampiran e-mail berbahaya, penipuan dan spam.
  • “Firewall”: mencegah hacker mengakses data pribadi di komputer.
Sebelum mematikan masing-masing dari perlindungan atau perisai tersebut. Berikut cara mematikan AVG sementara:
Pertama, buka AVG Zen atau AVG protection. Anda bisa menemukannya di taskbar Windows atau bisa langsung cari menggunakan searchbar. Jika Anda memiliki AVG Zen Anda juga perlu mengklik ubin pertama dari kiri untuk membuka proteksi AVG yang sebenarnya. Setelah dibuka Anda akan melihat antarmuka pengguna utama yang menunjukkan lima perlindungan yang sudah dijelaskan diatas tadi.
Cara Menonaktifkan AVG Sementara 5
Kedua, pilih perisai yang ingin Anda nonaktifkan. Jika AVG memblokir program / software yang berjalan, coba untuk menonaktifkan perlindungan Computer. Jika AVG memblokir situs, coba untuk menonaktifkan perlindungan Web. Jika AVG memblokir e-mail, cobalah untuk menonaktifkan Email. Untuk menonaktifkannya, cukup klik perlindungan mana yang ingin anda nonaktifkan.
Cara Menonaktifkan AVG Sementara 6
Ketiga, Klik switch hijau untuk menonaktifkan perlindungan secara spesifik dan konfirmasi dialog yang muncul jika diperlukan. Itu saja, sekarang perlindungan akan tetap dinonaktifkan sampai Anda mengaktifkannya secara manual. Cara yang sama juga berlaku untuk setiap perlindungan selain Firewall. Untuk Firewall Anda perlu mengklik ubin Firewall > Firewall mode CHANGE > Disable firewall protection > OK.
Tambahan:
Meskipun dalam postingan ini penjelasannya menggunakan AVG Internet Security 2016, namun sebenarnya langkah ini juga berlaku untuk semua produk perlindungan AVG seperti AVG AntiVirus FREE, atau AVG Ultimate) yang menjalankan versi terbaru. Cara ini juga bekerja baik untuk pengguna Windows XP, Vista, 7, Windows 8 / 8.1 dan Windows 10.
Juga perlu dicatat, proteksi AVG bisa membuat komputer anda beresiko diserang malware, virus, dan program jahat lainnya, apalagi jika terhubung ke internet.

1 comment:

  1. Hello, dear
    A debt of gratitude is in order for perusing this article – I trust you thought that it was useful. I have perused your blog great data in this article. it was great information article site your blog. Your blog is a decent motivation for this point. More Details…..(Mcafee.com/activate).

    ReplyDelete