Saturday, January 28, 2017

Cara Menonaktifkan Antivirus Avira di Windows

Avira, salah satu antivirus ternama dengan jumlah pengguna yang cukup besar. Antivirus ini sangat ampuh dalam menangkal serangan dari program-program jahat yang membahayakan komputer kita. Jika kamu ingin mengunduhnya, bisa menuju situs resmi Avira. Ada beberapa produk yang disediakan mulai dari Avira AntiVir Premium, Avira AntiVir Personal Free Antivirus sampai Avira Security Suite.
Pun begitu, seperti kebanyakan antivirus komputer lainnya, kadang kerja antivirus ini juga bisa merepotkan kita. Seperti saat kita ingin menginstal program perangkat lunak tertentu, Avira mendeteksinya sebagai program jahat sehingga instalasi software itu di blokir oleh Avira. Padahal kita sangat yakin kalau software tersebut bebas dari virus.
Atas alasan itu, atau karena kamu memiliki alasan lain, kamu bisa menonaktifkan antivirus Avira sementara waktu selama kamu menginstalnya, dan mengaktifkannya lagi saat kamu sudah selesai menggunakan software tersebut.

Cara Mematikan Antivirus Avira

Untuk mematikan anivirus Avira sebenarnya sangat mudah, bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini cara mematikan antivirus Avira:
Pertama, buka system tray yang ada di taskbar Windows milikmu. Dalam hal ini saya menggunakan Windows 7. Jika kamu melihat tanda panah ke atas, maka kamu bisa klik ikon tersebut dan menemukan ikon Avira Antivirus disana. Ikon Avira biasanya bergambar payung terbuka saat aktif, dan bergambar payung tertutup saat tidak aktif. Latar belakang ikon Avira adalah warna merah.
Kedua, klik kanan pada ikon Avira tersebut. Beberapa opsi akan muncul. Hapus tanda centang Enable Real-Time Protection dengan mengkliknya. Maka antivirus Avira akan dimatikan.
Enable Real-Time Protection
Catatan: Kadang pada opsi ini tidak tertulis Enable Real-Time Protection, di beberapa versi Avira malah tertulis AntiVir Guard Enabled. Klik opsi tersebut untuk mematikannya.
Enable Real-Time Protection

Cara Menonaktifkan Antivirus Avira Saat Startup

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin tidak ingin Avira langsung aktif saat komputermu dinyalakan. Untuk itu kamu bisa masuk ke Task Manager untuk membuat Avira disable atau tidak langsung menyala secara otomatis saat komputer dinyalakan. Cara lengkapnya sebagai berikut:
Pertama, masuk ke Task Manager. Caranya, tekan pada keyboard tombol CTRL + ALT + Del lalu pilih Task Manager. Tekan secara berurutan, tapi jangan sampai tombol sebelumnya yang kamu tekan dilepas.
Atau cara membuka Task Manager lainnya adalah dengan klik kanan Start (ikon Windows di sudut kiri bawah jika di Windows 10), dan pilih Task Manager.
Kedua, masuk ke tab Startup. Cari software Avira di jendela tersebut, lalu ubah menjadi disable. Menonaktifkan startup ini bukan hanya berlaku untuk Avira saja, tetapi software lainnya juga.
disable startup Windows
Namun perlu dicatat, pastikan agar kamu mengaktifkan kembali antivirus Avira. Jangan matikan antivirus Avira untuk waktu yang lama karena bisa membahayakan komputermu. Untuk mengaktifkannya sangat mudah, klik kanan lagi pada system tray di taskbar, klik kanan ikon Avira, lalu centang ikon Avira dengan mengkliknya, sehingga ikon payung tertutup berubah jadi ikon payung terbuka.

1 comment: