Tuesday, October 11, 2016

4 Bahaya Menggunakan Software Bajakan!

Software bajakan memang memiliki harga yang relatif murah, bahkan bisa didapatkan hanya dengan bermodal koneksi internet. Namun banyak yang tak menyadari akan bahayanya jika menggunakannya.


Berikut 4 hal bahaya menggunakan software bajakan:
Pertama, komputer yang terinstall software bajakan rentan dimatai-matai. Software bajakan mengandung program-program jahat yang bahkan ada program-program tertentu yang disusupkan untuk memata-matai komputer tersebut. Jika sudah dimatai-matai maka apapun bisa dilakukan, termasuk mencuri segala akun berharga di dalam komputer.
Kedua, data Anda terancam. Program-program jahat terkadang diprogram untuk dengan mudah menghapus data-data di dalam komputer Anda.
Ketiga, komputer yang terinstall software bajakan menjadi rentan. Rentan disini maksudnya adalah terkait dengan performa komputer. Dengan banyaknya malware yang terpasang di komputer tentu akan membebani kinerja perangkat. Sehingga perangkat akan gampang error, hang atau bahkan mati mendadak.
Keempat, adanya biaya tambahan. Menginstall software atau OS bajakan di perangkat membuat perangkat menjadi rentan dan cepat error. Kalau sudah begitu, biasanya pengguna akan melakukan install ulang yang tentu saja memakan biaya. Masalahnya kadang install ulang juga menggunakan software bajakan lagi. Dan hal yang sama akan terus berulang.
Solusinya?
Ada beberapa solusi untuk menghindari resiko pemakaian software bajakan. Pertama yaitu dengan membeli software original, tapi tentu saja akan sedikit memakan biaya. Atau dengan cara kedua beralih menggunakan Free Open Source Software. Software Open Source bersifat free dan dapat digunakan bahkan dimodifikasi oleh siapapun.


No comments:

Post a Comment