Sunday, March 1, 2020

Apa Itu Konseptual Database


Perancangan Database Konseptual

Merupakan langkah awal dalam perancangan database. Pada tahap ini kita hanya menentukan konsep-konsep yang berlaku dalam sistem database yang akan di bangun. 



Langkah-langkah utama dalam perancangan secara Konseptual adalah sebagai berikut:

Tahap pertama, pengumpulan data dan analisa dimana di analisis ini grader harus:
- Menentukan siapa pemakai dan bidang aplikasi yang akan grader buat.
- Setelah itu grader melakukan peninjauan dokumentasi yang ada.
- Melakukan analisa lingkungan operasi perusahaan dan pemrosesan data yang ada pada perusahaan.
- Dan yang terakhir dari proses analisa yaitu membuat daftar pertanyaan untuk wawancara ke perusahaan jika diperlukan.

Setelah selesai tahap di atas grader selanjutnya melakukan tahap kedua, merancang database secara konseptual, pada tahapan ini grader akan menghasilkan conceptual schema untuk database yang bergantung pada DBMS yang terinci. Disini greader akan sering menggunakan sebuah high-level data model seperti ERD model. Di dalam skema konseptual ini, grader harus merinci aplikasi database yang grader ketahui dan proses-proses yang mungkin akan terjadi. Tahapan perancangan database konseptual ini mempunyai 2 proses, yaitu:

1. Merancang skema secara konseptual

Menguji kebutuhan dari suatu database Greader berdasarkan hasil tahap pertama dan dapat menghasilkan conceptual database schema di DBMS-independent ini greader model data high-level seperti ER Diagram / model EER (Enhanced Entity Relationship). Agar grader dapat menghasilkan skema tersebut, grader harus menggabungkan berbagai kebutuhan user dan secara langsung membuat skema database atau dengan cara merancang skema secara terpisah dari kebutuhan pengguna dan selanjutnya menggabungkan skema yang sudah dibuat grader tersebut. Model data yang grader gunakan pada perancangannya adalah DBMS-indpendent dan selanjutnya yang grader lakukan adalah memilih DBMS untuk mulai melakukan perancangannya.

2. Merancang proses-proses

Disini greader menguji kebutuhan aplikasi database yang telah dianalisis pada tahap pertama, dan menghasilkan rincian proses-proses ini. Fungsi tahap ini Greader yang dikerjakan secara paralel bersama dengan tahap perancangan skema konseptual yaitu merancang karakteristik dari proses-proses database yang telah grader ketahui pada suatu DBMS-independent. Proses-proses ini akan digunakan untuk mengolah dan memanipulasi database saat dimana database diakses.
Setelah itu ada juga beberapa tahap yang harus grader lakukan untuk dapat menyelesaikan perancangan databasenya. Tahap ketiga, memilih DBMS yang cocok. Tahap keempat, merancang database secara logika. Tahap kelima, merancang basis data secara fisik. Dan yang terakhir yaitu tahap keenam, implementasi sistem database.

No comments:

Post a Comment